Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Hadits Qudsi Tentang Kesombongan

Hadits Qudsi Tentang Kesombongan

Hai pembaca semua! Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang hadits qudsi tentang kesombongan. Saya kira kita semua sudah tahu apa itu kesombongan. Kesombongan adalah salah satu sifat buruk. Tidak ada satu pun kebaikan yang akan didapatkan oleh seseorang yang memiliki sifat sombong. Bahkan, kesombongan bisa menghilangkan kebahagiaan batin seseorang. Dengan kata lain, orang yang sombong tidak akan pernah bahagia.

Dalam Islam, ada banyak sekali ayat Quran dan hadits yang menjelaskan tentang kesombongan dan akibat buruk yang diterima orang yang memiliki sifat sombong. Dalam hadits qudsi juga demikian. Ada banyak hadits qudsi yang menjelaskan tentang kesombongan. Pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan tiga saja. Perhatikan!

Hadits Qudsi Tentang Kesombongan

Adapun hadits qudsi tentang kesombongan yang saya maksud adalah sebagai berikut:

قَالَ اللهُ تَعَالَى : الْكِبْرِيَاءُ رِدَائِيْ وَالْعُظْمَةُ إِزَارِيْ فَمَنْ نَازَعَنِيْ وَاحِدًا مِنْهُمَا قَذَفْتُهُ فِيْ النَّارِ

Allah Taala berfirman, “Kesombongan adalah pakaian-Ku dan kebesaran adalah sarung-Ku. Barangsiapa yang mencabut salah satu dari keduanya dari-Ku, maka Saya pasti akan melemparkan dia ke dalam Neraka.”

قَالَ اللهُ تَعَالَى : الْكِبْرِيَاءِ رِدَائِيْ وَالعِزُّ إِزَارِيْ , مَنْ نَازَعَنِيْ فِيْ شَيْئٍ مِنْهُمَا عَذَّبْتُهُ

Allah Taala berfirman, “Kesombongan adalah pakaian-Ku dan kemuliaan adalah sarung-Ku. Barangsiapa yang mencabut salah satu dari keduanya dari-Ku, maka saya pasti akan menyiksa dia.”

قَالَ اللهُ تَعَالَى : الْكِبْرِيَاءِ رِدَائِيْ , فَمَنْ نَازَعَنِيْ رِدَائِيْ قَصَمْتُهُ

Allah Taalah berfirman, “Kesombongan adalah pakaian-Ku. Barangsiapa yang mencabut pakaian-Ku, maka Saya pasti akan menghancurkan dia.”

Tiga Hal Penting Tentang Hadits Qudsi Tentang Kesombongan

Pembaca semua! Ada beberapa hal penting yang harus kita pahami tentang beberapa hadits qudsi tentang kesombongan. Perhatikan!

  1. Yang dimaksud “kesombongan adalah pakaian-Ku (pakaian Allah)” dan “kebesaran dan kemuliaan adalah sarung-Ku (sarung Allah)” adalah bahwa hanya Allah lah yang pantas memiliki saifat sombong, sifat kebesaran, dan sifat kemuliaan. Sifat-sifat tersebut tidak boleh dimiliki oleh makhluk.
  2. Tiga hadits qudsi di atas menjelaskan, bahwa semua makhluk dilarang memiliki sifat sombong, merasa mulia, dan merasa besar. Mengapa? Tentu karena sifat-sifat tersebut adalah sifat-sifat Allah, juga karena tidak akan ada satu kebaikan pun yang akan didapatkan oleh seseorang yang memiliki sifat sombong, yang merasa mulia, dan yang merasa besar.
  3. Dalam tiga hadits qudsi di atas Allah menjelaskan, bahwa Allah akan menyiksa orang yang sombong, yang merasa mulia, dan merasa besar di dalam Neraka.

Referensi

Anda bisa menemukan hadits qudsi tentang kesombongan yang saya kutip di atas dalam al-Ittihafat as-Saniyyah fi al-Ahadits al-Qudsiyyah, karya Muhammad al-Madani, Dar al-Jail, Beirut, Hal. 29.

Pembaca semua! Itulah penjelasan singkat tentang hadits qudsi tentang kesombongan. Apakah kalian paham? Jika kalian ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat! Amin! Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Posting Komentar

Posting Komentar